Natrium benzoat – produk untuk pengawetan makanan

Natrium benzoat

Natrium benzoat rumusnya NaC7H5O2. Digunakan sebagai pengawet makanan dengan nomor E E211. Merupakan garam natrium dari asam benzoat yang muncul ketika dilarutkan dalam air. Dapat diproduksi dengan mereaksikan natrium hidroksida dengan asam benzoat. Asam benzoat ada secara alami dalam jumlah kecil di kranberi, prune, kayu manis, cengkeh, dan apel.

Natrium benzoat dapat menahan bakteri dan jamur dalam kondisi asam. Digunakan dalam makanan yang bersifat asam seperti minuman berkarbonasi, jus, selai buah, dll. Juga digunakan sebagai tambahan pada obat dan kosmetik.Natrium benzoat digunakan sebagai perawatan untuk gangguan siklus urea.

Juga digunakan dalam kembang api sebagai bahan bakar pada bubuk yang dapat bersiul jika dimampatkan kedalam sebuah tabung dan dinyalakan.Mekanisme pengawetan makanan Dimulai dengan penyerapan asam benzoat kedalam sel. Jika pH intraseluler turun ke angka < 5, fermentasi anaerobik glukosa melalui fosfofruktokinase berkurang tajam sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan kelangsungan hidup mikro-organisme yang dapat merusak makanan.

Manfaat Asam Benzoat untuk Makanan

Asam benzoat, C7H6O2 (atau C6H5COOH), adalah kristal berwarna solid dan asam karboksilat aromatik sederhana. Nama ini berasal dari gusi benzoin, yang untuk waktu yang lama sumbernya hanya dikenal. asam benzoat terjadi secara alami di banyak tanaman dan berfungsi sebagai perantara dalam biosintesis banyak metabolit sekunder. Garam dari asam benzoat digunakan sebagai pengawet makanan dan asam benzoat merupakan prekursor penting untuk sintesis industri banyak zat organik lainnya. Garam dan ester asam benzoat dikenal sebagai benzoat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *